Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

14 November 2012

Mendaur Ulang Buku Menjadi Lamp Shade

Buku adalah jendela dunia dan salah satu sumber ilmu, setiap orang pasti mempunyai sebuah buku. Entah itu buku tulis, buku pengetahuan, buku katalog dan sebagainya. Kadang rak buku kita dipenuhi buku-buku tua yg sudah berdebu bahkan kadang ada halaman yang hilang karena lapuk termakan usia. Di bawah ini adalah tutorial cara membuat lampion (lampu redup) untuk ruang tidur dari bahan buku. Buku yang dimaksud adalah buku yang mempunyai cover tebal berbahan karton atau hardboard. Dengan catatan buku tersebut sudah tidak dibaca lagi atau biar jelas kita asumsikan  saja buku bekas..


   Gambar Lamp Shade

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  Pertama-tama, kita siapkan dulu bahannya yaitu sebuah buku bekas yang memiliki criteria seperti gambar di atas. Kemudian potong pada bagian bingkai buku dengan ukuran panjang 10 cm dan lebar 5 cm seperti pada gambar di atas. Potong dengan menggunakan cutter atau gergaji besi.
  Kedua, kita siapkan satu bilah besi aluminium 2 mm  sepanjang ukuran buku, switch lamp, kabel beserta colokannya. Pertama kita satukan dulu switch lamp pada bilah aluminium dengan menggunakan baut, lalu bilah aluminium dan switch lamp kita satukan dengan cara menyusupkannya ke dalam bingkai cover buku.
  Ketiga, pasang bulb atau bola lampu maksimal 10-15 Watt. Dikawatirkan kalo lebih dari 15 Watt buku bisa terbakar karena suhu panas dari bola lampu. Banyak variasi dari bola lampu dari yang bulat sampai yang seperti cabe, warnanya juga bervariasi tergantung kita mau pilih yang mana dan lebih nyaman pakai warna yang mana.
 Keempat, lubangi cover depan buku sampai  menembus cover belakang  dengan menggunak mesin bor . Diameter  lubang  ± 3 mm. Kita membuat lubang  sebanyak dua buah yaitu pada bagian atas dan bawah.
  Kelima, siapkan  seutas kawat/  kabel  yang  fleksibel  kemudian dimasukkan  ke dalam lubang  yang sebelumnya sudah dibuat dari cover  depan sampai menembus cover belakang dengan. Caranya pertama-tama buka bukunya, kemudian aturlah jarak antara setiap lembar halaman sehingga halaman-halaman kertas tersebut membentuk setengah lingkaran seperti gambar di bawah.
 Keenam, tempelkan Lamp Shade pada lemari atau dinding  di ruang tidur anda, bisa dengan menggunakan sekrup tapi apabila anda ingin lemari atau dinding anda aman dari paku/freezr bisa menggunakan gantungan dari tali senar yang di gantung dari atas lemari atau dari langit-langit ruang tidur anda.


Selamat mencoba…


Gambar Lamp Shade daur ulang dari buku

1 komentar :

Posting Komentar