Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

17 November 2012

Motif batik nusantara: Sebagai Pelestarian Budaya dan Sarana Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa


Pembelajaran batik di sekolah merupakan pelaksanaan mata pelajaran seni budaya/seni rupa diberikan karena batik memiliki keunikan, kebermaknaan dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan siswa, yang terletak pada pembinaan pengalaman estetik. Dalam hal ini bentuk kegiatannya adalah berekspresi, berkreasi dan berapresiasi. Prinsip dan pendekatan serta program pengembangan pendidikan karakter terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Oleh karena itu guru dan sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa ke dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP), Silabus dan RPP. Prinsip ini membawa peserta didik belajar melalui proses berfikir, bersikap dan berbuat. Dengan demikian perkembangan karakter siswa dengan pelajaran batik dapat dilaksanakan melalui kegiatan sekolah dan proses pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran batik di sekolah sebagai upaya pelestarian batik dan sarana membangun karakter siswa untuk membentuk insan yang berkualitas.
Guna mendukung pembelajaran batik diperkenalkan berbagai corak dan motif batik nusantara, seperti: batik parang rusak, batik parang kusumo, batik kawung, batik truntum, batik sido mukti, batik ciptoning, batik pamiluto, batik cuwiri, batik nitik karawitan, batik tambal dan lain-lain.
Materi Pembelajaran kelas 8

1. Disain Baju Batik

Disain baju batik merupakan projek pertama untuk kelas 8 pada pelajaran seni budaya/seni rupa di SMPIF Al Fikri. Selain alasan untuk mengembangkan karakter siswa untuk membentuk siswa yang berkualitas dari sisi lainnya adalah agar  siswa lebih mengapresisasi baju batik yang merupakan bagian dari bangsa ini bahkan sudah menjadi baju kebanggaan bangsa Indonesia yang tiada duanya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa adalah pertama-tama siswa mendisain baju akhwat dan ikhwan di atas kertas A3 kemudian dihiasi dengan motif batik dengan mengambil sebagian atau keseluruhan contoh motif dan corak batik dari modul yang sudah disediakan. Finishingnya menggunakan pensil warna, jadi seluruh permukaan baju dan motif batik dipenuhi warna-warna dari pensil warna.

Download contoh gambar batik

0 komentar :

Posting Komentar