Subscribe:

Ads 468x60px

03 Januari 2013

Sejarah Pelukis Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci (1452-1519) adalah seorang pelukis, arsitek, penemu, dan mahasiswa dari semua hal ilmiah.
 Jenius alaminya melintasi banyak disiplin ilmu bahwa ia melambangkan seorang 'Tokoh Renaissance'. Sampai hari inipun ia tetap terkenal karena karya seninya, termasuk dua lukisannya yang paling terkenal dan dikagumi dunia, Mona Lisa dan The Last Supper "Renaissance man." Sebagian besar karya otodidaknya, bahwa dia pernah membuat puluhan catatan rahasia tentang penemuan, observasi dan teori tentang penemuan aeronautika pada anatomi tubuh manusia. 

Dua lukisan da Vinci yang terkenal:


The last supper Karya Leonardo Da Vinci



Monalisa Karya Leonardo Da Vinci


Leonardo da Vinci : Kehidupan Awal 


Leonardo da Vinci (1452-1519) lahir di Anchiano, Tuscany (sekarang Italia), dekat dengan kota Vinci yang memberikan nama keluarganya yang kita kenal hingga hari ini. Pada masa mudanya ia dikenal hanya sebagai Leonardo atau sebagai "Il Florentine," karena ia tinggal di dekat Florence. Di Florence dia  terkenal sebagai seorang seniman, penemu dan pemikir.

Orang tua Da Vinci tinggal di Florence,  ibunya bernama Caterina adalah seorang petani. Pada waktu iru Vinci masih sangat muda dan memulai keluarga baru. Dimulai sekitar usia 5 tahun, dia tinggal di perkebunan di Vinci milik keluarga ayahnya, Ser Peiro, seorang pengacara dan notaris. Paman Da Vinci memiliki apresiasi khusus untuk lingkungan hidup di sekitarnya. Di rumah pamannya da Vinci tumbuh dan dibesarkan.

Leonardo da Vinci: Awal Karir


Da Vinci tidak menerima pendidikan formal di luar dasar seperti membaca, menulis dan matematika, namun ayahnya menghargai bakatnya. Da Vinci kecil adalah  seorang yang artistik.  Di usia usia 15 tahun da Vinci magang di tempat seorang seniman, Andrea del Verrocchio dari Florence. Di sana dia belajar mematung dan melukis. Selama sekitar satu dekade, da Vinci menyempurnakan lukisan dan teknik mematungnya. Dia juga terlatih dalam seni mekanik. Ketika berusia 20 tahun, pada 1472, serikat para pelukis dari Florence menawarkan da Vinci menjadi salah satu anggotanya. Tapi dia tetap dengan Verrocchio sampai ia menjadi seorang guru yang independen pada tahun 1478. Sekitar 1482, ia mulai melukis karya pesanan pertama kalinya , The Adoration of the Magi untuk Florence San Donato, sebuah biara Scopeto.

Namun, da Vinci tidak pernah menyelesaikan lukisanya itu, karena tak lama kemudian ia pindah ke Milan untuk bekerja untuk penguasa Sforza klan. Di sana dia bekerja sebagai seorang insinyur, pelukis, arsitek, desainer festival pengadilan dan terutama pematung. Keluarga 
Sforza klan meminta da Vinci untuk membuat patung berukuran 16 kaki setinggi kuda perang dari bahan  perunggu, untuk menghormati pendiri dinasti Francesco Sforza. Selama 12 tahun da Vinci bekerja mengerjakan proyek dan berhenti silih berganti. Dan tahun 1493 membuat model dari tanah liat untuk dipamerkan. Pada tahun 1499 terjadi  perang dan semua model tanah liat karya da Vinci hancur. Kekuasaan Sforza duke jatuh pada tahunnitu juga.Resource: history.com

1 komentar :

Jihan Kusuma mengatakan...

good! nice info.

Poskan Komentar