Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

03 Januari 2013

Sejarah singkat Pablo Picasso

Picasso PhotoPicasso adalah seorang pelukis Spanyol dan pematung. Dia adalah salah satu artist seni yang paling diakui di abad ke-20 .Dia terkenal sebagai pendiri gerakan Kubisme dan untuk berbagai gaya yang terkandung dalam karyanya. Di antara lukisan yang paling terkenal Pablo Picasso adalah   proto-Kubisme Les Demoiselles d'Avignon (1907) dan Guernica (1937), perannya pemboman Guernica Jerman selama Perang Saudara Spanyol.


Di awal tahun Picasso menunjukkan bakat seni luar biasa, melukis realistis adalah gaya di masa kecil dan remajanya, selama dekade pertama abad 20 gayanya berubah saat ia bereksperimen dengan teori yang berbeda, teknik, dan ide-idenya. Kreativitas Picasso terwujud dalam beberapa media antara lain: lukisan minyak, patung dan arsitektur. Prestasi revolusioner artistik membawanya terkenal secara universal dan membawanya pada kekayaan sepanjang hidupnya, membuatnya sosok paling terkenal dalam seni abad kedua puluh.
Pablo Picasso mendominasi seni Barat di abad ke-20.  Picasso - yang berarti Banyak orang telah  mereproduksi karya lukisan Picasso mungkin puluhan, ratusan bahkan jutaan. Dia dan karyanya menjadi bahan analisis yang kunjung henti dari gosip, ketidaksukaan, adorasi dan rumor.

Dia juga seorang politisi yang beruntung. Padahal untuk Nazi karyanya adalah lambang "degenerate art," dilindungi ketenarannya dia selama pendudukan Jerman di Paris. Di mana ia tinggal, dan setelah perang, ketika seniman dan penulis dianggap dipermalukan oleh afiliasi dengan sedikit Nazisme atau fasisme, Picasso memberikan dukungan antusias Joseph Stalin, seorang pembunuh massal pada skala yang jauh melampaui Hitler, dan hampir tidak menerima kata kritik untuk itu, bahkan waktu di Amerika terjadi perang dingin.
Tidak ada pelukis atau pematung, bahkan Michelangelo-pun tak setenar ini dalam masa hidupnya. Dan sangat mungkin bahwa tidak akan pernah terjadi lagi, sekarang bahwa mandat untuk menetapkan makna sosial, untuk mengartikulasikan mitos dan menghasilkan gambar secara luas yang mengesankan. Kesemuanya itu telah ditransfer dari lukisan Picasso dan patung ke media lain seperti: fotografi, film dan televisi. 


Mother and Son
Tahun 1901, Pablo Picasso

Sekarang pada pembuatan dan perakitan patung bisa menggunakan teknik pengelasan pada lembaran logam, berbeda pada jaman dahulu yang lebih dulu   membuat model dari  tanah liat. Pada tahun 1912 Picasso sudah menggunakan teknik pengecoran pada perunggu dan mengukir pada media kayu.

Pada tahun 1920 dan 30-an ia menghasilkan beberapa distorsi paling menakutkan dari tubuh manusia dan, yang paling dianggap irasional adalah pada karya lukisannya yang berjudul  Eros dan Thanatos. 
Picasso dianggap sebagai anak jenius,  Dia meninggal sebelum 1906, pada usia 25 tahun. Dia adalah mark/simbol pelukis dengan gaya kubism  di abad ke-20. 


Seni adalah kebohongan yang membuat kita menyadari kebenaran "- Pablo Picasso

Resorce: www.pablopicasso.org

0 komentar :

Posting Komentar