Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

03 Januari 2013

Sejarah singkat Michelangelo Buonarroti

Terukir potret MichelangeloMichelangelo Buonarroti lahir pada 6 Maret 1475 di Caprese dekat Florence (Italia) di mana ayahnya adalah hakim lokal. Beberapa minggu setelah kelahirannya, keluarganya pindah ke Florence. Pada 1488, Michelangelo magang kepada pelukis Domenico Ghirlandaio.Dia kemudian tinggal di rumah tangga Lorenzo de 'Medici, pelindung utama seni di Florence.


Setelah Medici diusir dari Florence, Michelangelo pergi ke Bologna dan kemudian pada 1496 ke Roma. Karya pertama patung di tahun-tahun awalnya adalah 'Pietà' (1497) membuat namanya sebagai seorang pematung semakin terkenal. Akhirnya ia kembali ke Florence dan di sana ia membuat patung 'David' (1501-1504).
Pada tahun 1505, Paus Julius II memanggil Michelangelo kembali ke Roma dan menugaskan dia untuk merancang makam sendiri Julius. Karena waktu itu ada perselisihan antara Julius dan Michelangelo, dan banyaknya tuntutan terhadap para seniman, proyek ini tidak pernah selesai. Walaupun demikian  Michelangelo masih sempat menghasilkan sebuah patung Musa untuk makam.
Komisi  utama Michelangelo berikutnya adalah membuat langit-langit Kapel Sistina di Vatikan (1508-1512). Proyek ini diakui sebagai karya seni terbesar  dan sejak saat itu Michelangelo dianggap sebagai seniman terbesar yang pernah hidup di Italia.
Paus yang baru, Leo X, kemudian menugaskan Michelangelo untuk membangun kembali façade gereja San Lorenzo di Florence. Skema ini akhirnya ditinggalkan, tetapi menandai awal kegiatan Michelangelo sebagai seorang arsitek. Michelangelo juga merancang monumen untuk Giuliano dan Lorenzo de 'Medici di Kapel Medici di San Lorenzo.
Pada tahun 1534, Michelangelo kembali ke Roma di mana ia ditugaskan untuk melukis 'The Last Judgement' di dinding altar Kapel Sistina (1537-1541). Dari 1546 ia semakin aktif sebagai arsitek, khususnya pada gereja besar St Petrus. Dia meninggal di Roma pada tanggal 18 Februari 1564.
Resource dan image: www.bbc.co.uk

0 komentar :

Posting Komentar